Rabu, 08 September 2021

Hadits Nabi Tentang 5 Zaman Yang Akan Dilalui Umat Islam Hingga Akhir Zaman



Rasulullah SAW bersabda :

"Telah berlaku zaman kenabian keatas kamu, maka berlakulahzaman kenabian itu sebagaimana yang Allah kehendaki, kemudian Allahmengangkat zaman itu. Kemudian berlakulah zaman khalifah yangberjalan sepertimana zaman kenabian. Maka berlakulah zaman kenabianitu sebagaimana yang Allah kehendaki, kemudian Allah mengangkatnya.Kemudian berlakulah zaman pemerintahan yang menggigit. Berlakuzaman itu seperti yang Allah kehendaki. Kemudian Allahmengangkatnya juga, kemudian berlakulah zaman pemerintahan diktator(zaman penindasan dan penzaliman), dan berlakulah zaman itusebagaimana yang Allah kehendaki. Kemudian berlaku pula zamankhalifah yang berjalan diatas cara hidup zaman Kenabian"

 [H.R. ImamAhmad, Bazzar dan Attabrani dari Abu Huzaifah Al-Yamani]


Penjelasan Hadits :

 Sesungguhnya Allah mengatur alam ini dengan suatu pengaturan yang rapi dan tersusun. Penciptaan alam ini ada mulanya dan adaakhirnya dengan cara dan masa yang telah ditentukan-Nya. Kitasebagai makhluk hendaknya menyadari tentang hakikat ini, denganmerenung hikmah dan pengajaran disebaliknya agar dapat bertindaktepat sesuai dengan kehendak Allah.

Oleh karena itu senantiasa ada peringatan dari Rasulullah SAWuntuk umatnya agar menyadari di zaman apa dia berada dan bagaimanadia harus bertindak demi menyelamatkan Iman dan Islamnya.

Hadits diatas jelas menunjukkan bahwa Umat Rasulullah SAW akanmenempuh 4 zaman secara bergilir-gilir sebelum dunia kiamat yakni:

  1. Zaman Kenabian (Nubuwwah) dan rahmat
  2. Zaman Khulafaurrasyidin dan rahmat
  3. Zaman pemerintahan yang menggigit (kerajaan-kerajaanIslam)
  4. Zaman fitnah (kerusakan) dan kegelapan
  5. Zaman Khalifah atau Ummah kedua yang berjalan diatas cara hidupzaman kenabian yakni zaman pemerintahan Imam Mahdi dan NabiIsa.

Zaman Nubuwwah (Kenabian) dan Zaman Khulafaurrasyidin

Zaman ini adalah zaman pemerintahan di bawah Rasulullah dan zamanpemerintahan di bawah khalifah 4 (Sayyidina Abu Bakar as Siddiq,Sayyidina Umar al Faruq, Sayyidina Utsman bin Affan, dan SayyidinaAli). Dua zaman pertama ini mempunyai banyak kesamaan, dan dikenaljuga sebagai Zaman Ummah Pertama.

Iman umat Islam ketika itu sangat kukuh. Menyebut nama Allahsaja mampu menggetarkan hati mereka. Cinta dan takutnya kepadaAllah tergambar pada setiap perkataan dan perbuatan mereka. Secaraumum ciri-ciri zaman ummah pertama ini dapat diketahui sebagaiberikut :

  1. Ibadah mereka sangat banyak. Shalat, puasa, zikri dan wiridsusah ditandingi banyak dan khusyuknya.
  2. Ukhuwah dan kasih sayang sangat padu, setiap orang mencintaisaudaranya seperti mencintai saudara sendiri.
  3. Jihad dan mati syahid menjadi idaman dan cita-cita. Mereka akansangat merasa dukacita jika tidak diizinkan untuk pergi ke medanjihad.
  4. Akhlak menjadi perhiasan diri, mereka mampu berbuat baik kepadaorang yang berbuat jahat kepada mereka.
  5. Masyarakat dan negara Islam dapat dibangun sehingga layakdigelar sebagai negara yang aman makmur dan mendapat keampunanAllah.
  6. Tamaddun dan pembangunan rohani mencapai zaman puncaknya.
  7. Islam berhasil menaklukkan dua imperium besar dunia yang sedangberkuasa saat itu (kerajaan Romawi dan Persia) untuk kemudianmemayungi ¾ dunia.

Zaman Pemerintah Yang Mengigit

Zaman berlaku setelah khalifah 4 (Khulafaurrasyidin), danberakhir setelah jatuhnya kekhalifahan Turki Utsmani pada tahun1924. Pada zaman ini pemerintahan Islam masih wujud, namun sangatsedikit pemimpin yang benar-benar berhasil. Di antara pemerintahyang benar-benar berhasil adalah:

  • Sultan Muhammad al Fateh, yang berhasil mewujudkan janjiRasulullah untuk merebut kota Konstantinopel (sekarangIstanbul).
  • Sultan Salahuddin al Ayyubi, yang berhasil menghentikan perangsalib (crusader)

Zaman Fitnah atau Zaman Kerusakan

Zaman ini diawali dengan jatuhnya kekhalifahan Islam terakhir,yaitu kekhalifahan Turki Utsmani pada tahun 1924. Zaman ini masihberlaku sampai dengan ke hari ini.

Zaman ini merupakan zaman kerusakan dan kegelapan. Pada zamanini umat Islam jatuh kedalam jurang kehinaan yang berkepanjangan,yang merupakan akibat dari kelalaian dan angkara murka yang terjadidi dunia Islam, sehingga Allah biarkan merka. Hal ini sesuai denganjanji Allah bahwa Allah hanya akan menjadi pembela kepadaorang-orang bertaqwa.

Ciri-ciri zaman fitnah ini adalah :

  1. Negara Islam satu persatu mulai jatuh dan dijajah oleh orangkafir.
  2. Akidah umat Islam pada saat itu sangat rapuh, ada diantaranyaIslam di waktu pagi dan kafir di waktu petang
  3. Ibadah sangat lemah, shalat, puasa dan membaca Al-Qur'an tidaklagi diamalkan secara bersungguh-sungguh atau bahkan diamalkan samasekali.
  4. Ukhuwah sesama Islam sangat lemah sehingga terjadi peperangandan pembunuhan sesama umat Islam.
  5. Orang kaya sangat kikir dan pelit, manakala orang miskin tidaksabar dan hasad dengki.
  6. Penyakit cinta dunia dan takut mati sangat tebal dan mewabahdalam hati umat Islam.
  7. Kriminalitas dan kemunkaran yang terjadi dalam masyarakat Islamhampir tidak ada bedanya dengan apa yang terjadi di kalanganmasyarakat yang bukan Islam.
  8. Akhlak umat Islam sangat lemah dengan berleluasanya hasaddengki, umpat mengumpat, tuduh menuduh, caci-mencaci dan salingmengkafirkan sesama umat Islam.
  9. Wanita-wanita Islam telah dicabut rasa malunya denganbertingkah laku tidak senonoh, menampakkan aurat di depan umum,menari dan menyanyi tanpa menjaga harga diri.
  10. Umat Islam terhina di seluruh aspek kehidupan. Politik,ekonomi, pendidikan, pengobatan, pertanian, dan lain-lain, sehinggaumat Islam terpaksa bergantung pada sistem kufur dan paham-paham(isme) buatan manusia.
  11. Sedikit demi sedikit cara hidup umat Islam telah mengikuti carahidup orang-orang Yahudi dan Nasrani.
  12. Terjadi gejala-gejala buruk dan keji di tengah-tengahmasyarakat Islam seperti narkoba, homoseks, lesbian, danlain-lain.

Namun kemunkaran yang sedang terjadi di zaman fitnah ini tidakmelemahkan keyakinan dan semangat perjuangan segolongan manusoayang tetap pendiriannya. Mereka bukan saja mampu mempertahankanidentitas Islam di kalangan mereka, bahkan mereka gigih berjuanguntuk memperbaiki masyarakat. Inilah golongan-golongan yang lemahtetapi mempunyai keimanan dan keyakinan yang kuat dan kukuh sertaperjuangan yang padu.

Rasulullah SAW bersabda :

"Senantiasa ada di kalangan umatku satu thoifah yang akanmenzahirkan kebenaran dan tidak dapat dibinasakan oleh orang-orangyang tidak suka disisi mereka sampailah hari kiamat"

Namun untuk menghidupkan suasana Islam di tengah-tengahkerusakan dan kegelapan zaman zaman fitnah ini bukanlah suatu kerjayang mudah. Thoifah-thoifah islamiyah ini senantiasa diuji danditentang dengan berbagai macam fitnah dan ancaman. Tepat sekalisabda Rasulullah yang mengatakan bahwa Islam akan kembaliasing.

Namun walaupun begitu, Islam akan kembali kuat dan memusnahkansegala bentuk kekufuran sebagaimana Rasulullah dulu berhasilmelakukannya yaitu dengan jalan berdakwah dan mendidik hatimanusia. Inilah langkah-langkah awal menuju zaman Imam Mahdi danNabi Isa yang merupakan peringkat zaman terakhir yang akan dialamiumat Islam sebelum hari kiamat, setelah sekian lama umat Islammengalami zaman fitnah.

Zaman Khalifah Akhir Zaman Atau Zaman Ummah Kedua

Zaman Khalifah kedua ini adalah zaman pemerintahan Imam Mahdidan Nabi Isa. Zaman ini diawali dengan munculnya Imam Mahdi,kemudian disusul munculnya nabi Isa a.s yang akan mengalahkanDajjal. Zaman ini berakhir ketika seluruh orang Islam di muka bumidiwafatkan, yang kemudian akan dilanjutkan dengan kiamat besar.

Di zaman ini Islam akan kembali lagi ke zaman kegemilangan dankeemasannya seperti di zaman Rasulullah dan Khulafaurrasyidin.Islam dapat menguasai dunia dan kembali menjadi penguasasejagat.
Rasulullah SAW bersabda :

"Sebelum hari kiamat datang pastilah Islam itu bangunkembali walaupun antara mulanya Islam bangun dan mulanya kiamathanya sekedar masa memerah susu. Zaman ini berlaku selama 40 tahundan barulah dunia ini akan dibinasakan (kiamat) olehAllah"

Kebangkitan Islam zaman ini akan sampai kepada puncaknya apabilaberpadunya ketinggian kerohanian umat Islam dengan kecanggihanteknologi di bawah dua pemimpin besar umat Islam yaitu Imam Mahdidan Nabi Isa.

Ciri-ciri zaman ini :

  1. Islam dapat mencapai keagungannya kembali seperti yang telahdicapai oleh Rasulullah SAW 14 abad yang lalu.
  2. Dunia seluruhnya akan kembali aman dan damai, keadilan akankembali ditengakkan setelah sekian lama dipenuhi dengan huru-haradan kezaliman.
  3. Hati orang-orang miskin dan kaya dipenuhi dengan sifat redhadan kanaah sehingga tidak seorangpun yang mau menerimasedekah.
  4. Harta-harta yaang melimpah ruah akan dibagi-bagikan dengan adildan merata.
  5. Umat Islam hidup dengan penuh kasih sayang dan cinta-mencintaisatu sama lain.
  6. Aqidah, ibadah dan seluruh aspek kehidupan masyarakat Islamberjalan sepenuhnya di atas landasan syari'at Nabi MuhammadSAW.
  7. Segala fitnah dan maksiat, riba, zina minuman keras danlain-lain kekufuran berhasil diperangi dan dimusnahkan.

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentarnya jika ada link mati harap lapor. jazakumullah