Jumat, 08 Oktober 2021

Mengapa Orang Kafir Kaya, Kita Selalu Hidup Pas Pasan ?

 



Mukadimah Hadits :

Dari Sahl bin Sa’ad berkata, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pernah bersabda, “Seandainya dunia ini sama nilainya dengan sayap nyamuk di sisi Allah. Niscaya Ia tidak akan memberikan minuman dari dunia itu kepada orang kafir, meskipun hanya seteguk air” (HR. Tirmidzi. Syeikh Albani menshahihkan hadis ini).

Penjelasan

Kita sering bertanya tanya bukan kenapa kok orang kafir hidupnya mapan punya usaha banyak kendaraan mewah dan lain lain sementara kebanyakan umat islam hidupnya biasa aja pas pasan. Walaupun sebenarnya banyak juga muslim yang bergelimang harta tapi sayangnya mereka sampai lupa agama disibukkan kekayaannya. Justru itu yang akan membinasakan dia di kehidupan selanjutnya.

Suatu hari ‘Umar mendatangi rumah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan beliau sedang tidur di atas dipan yang terbuat dari serat, sehingga terbentuklah bekas dipan tersebut di lambung beliau. Tatkala ‘Umar melihat hal itu, maka ia pun menangis. Nabi yang melihat ‘Umar menangis kemudian bertanya, “Apa yang engkau tangisi wahai ‘Umar?”

‘Umar menjawab, “Sesungguhnya bangsa Persia dan Roma diberikan nikmat dengan nikmat dunia yang sangat banyak, sedangkan engkau dalam keadaan seperti ini?”

Nabi pun berkata, “Wahai ‘Umar, sesungguhnya mereka adalah kaum yang Allah segerakan kenikmatan di kehidupan dunia mereka.”

Di dalam hadits ini menunjukkan  bahwa orang-orang kafir disegerakan nikmatnya oleh Allah di dunia, dan boleh jadi itu adalah istidraj  (Nikmat yang Allah berikan kepada pelaku maksiat dengan tujuan menipu mereka, agar mereka semakin tenggelam dalam maksiatnya ) dari Allah. Namun apabila mereka mati kelak, sungguh adzab yang Allah berikan sangatlah pedih. Dan adzab itu semakin bertambah tatkala mereka terus berada di dalam kedurhakaan kepada Allah ta’ala.

Dalam hadits diatas dapat disimpulkan kalau dunia ini gak ada nilainya sama sekali dihadapan Allah SWT bahkan sehelai sayap nyamuk pun. sehingga orang kafir yang berbuat baik didunia maka akan dibalas langsung oleh Allah didunia karena di akhirat mereka tak dapat apa2 kecuali siksaan makanya kita jangan heran dan bertanya lagi kenapa kafir kebanyakan kaya. Jawabannya jelas mereka disegerakan pahalanya didunia ini oleh Allah. Baik itu berupa keluarga yang sehat harmonis, kekayaan yang melimpah, emas perhiasan, istri cantik, kendaraan mewah dan sebagainya hingga mereka sangat ketakutan akan kematian takut meninggalkan kebahagiaan mereka didunia ini.

Janganlah iri janganlah kecil hati sebagai kaum muslimin karena kehidupan sebenarnya dan balasan kita adalah di akhirat surga yang kekal jauhi kemaksiatan tetap lah dalam jalan kebaikan yang diridhai Nya. 

Wallahu'alam



0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentarnya jika ada link mati harap lapor. jazakumullah