Sabtu, 11 Agustus 2012

Mutiara Nasehat No. 311-320

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Kata mutiara nasehat ini Terinspirasi dari mutiara Qur'an , hadits dan perkataan ulama. jika ada yang salah mohon dimaafkan yang sebesar-besarnya. Tujuan kami hanyalah semakin mempermudah pemahaman kita dalam mempelajari ajaran agama islam. semoga bermanfaat amiien



311. Sifat baik sangka 

“Sesungguhnya kekalahan adalah berasal dari ketakutan dalam diri. Seseorang takan mampu mengalahkan musuhnya sebelum dia mengalahkan musuh dari dalam diri. Bagaimana mungkin kita akan menang sementara sebelum kita bertanding kita telah dikalahkan oleh diri sendiri yang tentu saja lebih sulit daripada musuh dari luar diri”.


“Oleh karena itu sifat optimis sangat dianjurkan oleh ajaran islam, karena sifat ini merupakan sifat yang dapat memotivasi diri untuk mengalahkan sifat pengecut”.
(ashabul muslimin)


312.  Nasehat yang bijak adalah...


“Nasehatilah dengan lembut karena hati manusia itu lunak jika sering menasehati dengan kasar maka hati manusia akan keras bahkan lebih keras daripada batu”.
"Seperti kucing yang dimanja pasti jinak sedangkan kucing yang digertak pasti lari".

(ashabul muslimin)


313. Sebab kebodohan


“kebodohan murid bukan semuanya kesalahan murid tapi ketidaksabaran guru adalah penyebab terbesarnya”.
(ashabul muslimin)


314. Lingkungan pendidikan mempengaruhi karakter

"orang yang dididik dalam lingkungan serba dimanja kehiduannya,serba dituruti keinginannya dan serba diiyakan kemauannya maka dia akan jadi  orang keras kepala, angkuh, egois,  dan kufur nikmat".


(ashabul muslimin)


315. Berawal dari mata

“Segalanya berawal dari pandangan mata, kemudian turun kepada hati, jika hati membenarkannya maka akan diproses ke otak kemudian berbuah perbuatan. Memang tak sepantasnya seorang mukmin mengumbar pandangan yang diharamkan karena perbuatan maksiat berawal dari melihat kemudian meniru. Apalagi yang hatinya rusak pasti mudah terpengaruh.

Dan rasulullah saw bahkan pernah berkata "pandangan mata adalah salah satu anak panah beracun di antara anak panah Iblis".


(ashabul muslimin)


316. Syirik adalah dosa paling besar 

“Hati-hatilah dengan dosa syirik sekecil apapun karena Allah berfirman ;

'Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya'."

 (Surat an-Nisaa': 48)

'Sesungguhnya syirik itu adalah benar-benar kezaliman yang besar.'

( Surat Luqman: 13)


(Nasehat Dari Qur’an)


317. Damaikan saudaramu yang bertengkar

"Apabila Dua Golongan Kaum Mukminin Saling Berperang, Maka Damaikanlah Antara Keduanya Itu" (surat al-Hujuraat : 9),

Dan karena Mereka Itu Tetap Dinamakan Kaum Mukminin.


(hadits Rasulullah)


318. Janganlah mempersulit diri

"Sesungguhnya agama ini mudah, dan tidak akan seseorang memberat-beratkan diri dalam beragama melainkan akan mengalahkannya (membinasakannya). Maka, berlaku luruslah, berlaku sedanglah, bergembiralah, dan mintalah pertolongan pada waktu pagi, sore, dan sedikit pada akhir malam."

(hadits Rasulullah)


319. Balasan kebaikan dan keburukan

"Rasulullah saw bersabda, Apabila seseorang di antara kamu memperbaiki keislamannya, maka setiap kebaikan yang dilakukannya ditulis untuknya sepuluh kebaikan yang seperti itu hingga tujuh ratus kali lipat. Dan setiap kejelekan yang dilakukannya ditulis untuknya balasan yang sepadan dengan kejelekan itu."


(ashabul muslimin)



320. Istiqomah adalah ibadah terbaik

"Lakukanlah [amalan] menurut kemampuanmu. Karena demi Allah, karena sesungguhnya Allah tidak merasa bosan sehingga kamu sendiri yang bosan. Amalan agama yang paling disukai-Nya ialah apa yang dilakukan oleh pelakunya secara kontinu (terus menerus / berkesinambungan)."



(hadits rasulullah)




0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentarnya jika ada link mati harap lapor. jazakumullah