Kamis, 21 Juni 2012

Mutiara Nasehat No. 291 - 230

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ





Kata mutiara nasehat ini Terinspirasi dari mutiara Qur'an , hadits dan perkataan ulama. jika ada yang salah mohon dimaafkan yang sebesar-besarnya. Tujuan kami hanyalah semakin mempermudah pemahaman kita dalam mempelajari ajaran agama islam. semoga bermanfaat amiien





291. hasud

“Penyakit hasud adalah seperti penyakit kanker. Bila dibiarkan tidak segera diobati akan segera menggerogoti seluruh tubuh. Begitu juga dengan hasud dibiarkan tidak segera bertobat maka hanya akan membinasakan diri sendiri”

(ashabul muslimin)



292. kedekatan dengan Allah 

“Sesungguhnya kedekatan seorang hamba tergantung cara memandang posisi Allah dengan dirinya di hatinya. Sesungguhnya kemuliaan seorang hamba disisi-Nya adalah tergantung cara memandang kedudukan Allah didalam hatinya. Karena sesungguhnya Allah menghendaki sesuatu menurut persangkaan hamba-Nya kepada-Nya.”

“Anda tidak akan pernah mengenali diri sendiri (siapa saya, untuk apa saya ada, dan untuk apa saya berusaha) sebelum anda mengenal Allah dengan baik”. Kegersangan hati dan kesempitan hidup adalah akibat dari tidak mengenal Tuhannya (Allah SWT)”.

(ashabul muslimin)



293. hidup adalah cermin 

“kehidupan adalah cermin dari akhlaq seseorang, baik prilaku kita kepada yang lain maka baik juga orang lain kepada kita, jelek prilaku kita kepada orang lain maka akan jelek juga prilaku orang lain kepada kita”.

“Yang sering kita tidak sadari kita sering menyibukkan diri dengan meneliti aib orang lain tanpa sedikitpun melihat kebaikannya, sedangkan diri sendiri yang berhati kotor ini tidak diperhatikan, padahal bisa jadi kelakuan kita justru lebih buruk daripada orang lain yang kita teliti tadi.”

(ashabul muslimin)



294. muslim adalah...

"Orang Islam itu adalah orang yang orang-orang Islam lainnya selamat dari lidah dan tangannya; dan orang yang berhijrah (muhajir) adalah orang yang meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah."

“Seorang pencela yang mengaku islam hanya akan menjelek-jelek agama, padahal agama tidak mengajarkan saling mencela, tetapi agama mengajarkan nasehat dan hikmah”.

(Ashabul muslimin dari hadits nabi)



295. amalan terbaik

“Salah satu amalan terbaik yang diajarkan islam adalah memberi salam kepada muslim yang dikenal maupun tidak, dan hal itu merupakan salah satu tanda kiamat adalah seorang muslim hanya mengucapkan salam kepada yang dikenal”.

(ashabul muslimin)



296. cinta yang paling utama

“Tidak beriman salah seorang diantara kita sehingga kita mencintai nabi Muhammad saw (sebagai sarana mendekatkan diri kepada AllahSWT) melebihi cinta seluruh makhluk termasuk keluarga, anak istri, teman, kerabat dan seluruh manusia apalagi cuma artis penghibur”.

“Karena cinta akan mengantarkan manusia kepada mencontoh perilaku, baik orang yang kita cintai akan baik juga perilaku kita, jelek orang yang kita cintai akan jelek juga perilaku kita”.

“Cinta sejati bisa tercermin dari cara memperlakukan yang dicintainya. Jika memang kita benar-benar cinta nabi Muhammad saw maka akan tercermin dari akhlaq kita yang meniru beliau walaupun pasti kita tidak mampu meniru seluruh akhlaq mulia nabi saw”.

(ashabul muslimin)



297. Tanda keimanan

“Tanda keimanan adalah cinta kepada sesama muslim tanda munafik adalah membenci sesama muslim”.

(ashabul muslim)



298. tentang ajaran pokok islam

Berikut nasehat rasulullah kepada para sahabat dan semua kaum muslimin :

"Berbaiatlah (berjanjilah setia) kamu kepadaku (dalam riwayat lain: Kubaiat kamu sekalian) untuk tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu, tidak mencuri, tidak berzina, dan tidak membunuh anak-anakmu (dan kamu tidak akan merampas). Jangan kamu bawa kebohongan yang kamu buat-buat antara kaki dan tanganmu, dan janganlah kamu mendurhakai(ku) dalam kebaikan. Barangsiapa di antara kamu yang menepatinya, maka pahalanya atas Allah. Barang siapa yang melanggar sesuatu dari itu dan dia dihukum (karenanya) di dunia, maka hukuman itu sebagai tebusannya (dan penyuci dirinya). Dan, barangsiapa yang melanggar sesuatu dari semua itu kemudian ditutupi oleh Allah (tidak terkena hukuman), maka hal itu terserah Allah. Jika Dia menghendaki, maka Dia memaafkannya. Dan, jika Dia menghendaki, maka Dia akan menghukumnya."

(Hadits nabi Muhammad saw)



299. Sifat malu sebagian dari iman

“Sesungguhnya malu adalah sifat malu adalah sifat yang terpuji dan tidak membahayakan, maka biarkanlah sifat itu menempel, karena malu adalah sebagian dari keimanan”.

(ashabul muslimin dari hadits nabi saw)



300. 3 amalan pokok

"Ada tiga perkara yang barangsiapa yang dapat mengumpulkan ketiga hal itu dalam dirinya, maka ia telah dapat mengumpulkan keimanan secara sempurna. Yaitu, memperlakukan orang lain sebagaimana engkau suka dirimu diperlakukan oleh orang lain, memberi salam terhadap setiap orang (yang engkau kenal maupun yang tidak engkau kenal), dan mengeluarkan infak di jalan Allah, meskipun hanya sedikit."

(Hadits Nabi Muhammad SAW)

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentarnya jika ada link mati harap lapor. jazakumullah