Kamis, 06 Januari 2022

Apakah Metaverse Berbahaya? Bagaimana Hukumnya dalam islam?

Mungkin ini adalah kajian islam pertama yang anda baca tentang metaverse. Dan Bahaya metaverse dikaji dalam sisi agama islam, Mungkin juga anda baru saja mendengar kata kata metaverse apa itu metaverse produk apa lagi ini ? Permainan apa lagi ini?

Memang topik ini lagi hangat dibicarakan warganet apalagi generasi Z yang terkenal langsung ikut saja tanpa memilah sisi positif negatifnya pasti langsung tertarik habis habisan mendengar kata canggih dan kemajuan padahal ada misi dibalik itu. Tentunya mereka para kapitalis yang berusaha membuat dunia palsu untuk mengeruk keuntungan sebesar besarnya dari dunia main main itu.

Apa itu metaverse

Menurut istilah “Metaverse adalah jaringan luas dari dunia 3D dan simulasi yang diberikan secara real-time dan persisten yang mendukung kontinuitas identitas. Kalau masih sulit dipahami saya akan mengatakan dengan jelas bahwa dunia metaverse adalah dunia digital atau dunia palsu, dunia tiruan dunia nyata. Tapi kenapa orang tertarik menuju kesana? apa sih yang bikin enggak orang tertarik kalau promosi nya bagus dengan istilah istilah keren? Coba kalau disebut fakeworld atau dunia palsu mana ada orang tertarik?

Sebenarnya metaverse kalau saya sendiri adalah penghobi astronomi fiksi ilmiah adalah dunia 5 dimensi diatas multiverse, multiverse adalah dunia diatasnya universe atau alam semesta kita. 

Tingkatannya adalah seperti ini Universe > Multiverse > Metaverse >Megaverse> Xenoverse > Hyperverse > Omniverse

Persis seperti dalam al-qur'an langit dimensi ketujuh dalam sains fiksi disebut sebagai omniverse sedangkan alam semesta yang kita tinggali disebut sebagai universe. Metaverse merupakan gabungan dari semesta multiverse yang amat banyak layaknya gabungan bintang membentuk sebuah galaksi.

 Tapi dalam dunia sekarang ini maknanya menjadi menyempit menjadi dunia digital palsu saja. Bahkan dalam sains fiksi ada juga errorverse atau semesta gagal, disana tak ada apapun kecuali hukum dan alam semesta yang eror tak terkendali, atau corruptverse alam semesta yang gagal karena kurangnya materi pembentukannya atau terkorup. Ya tapi itu hanya sebuah sains fiksi saja. Tak ada kepastian kebenarannya karena memang ilmu pengetahuan kita baru sebatas alam semesta kita saja.

Dampak Positif Metaverse

Dampaknya positif mempermudah orang melakukan interaksi lebih inten melalui dunia virtual reality jadi metaverse ini hanya copy dunia nyata dalam bentuk digital bukan lah planet baru atau kehidupan baru. Mirip game virtual reality hanya saja lebih digarap lebih serius karena disini serba berbayar, ada tanah dan bangunan virtual didalamnya saat ini dijual dengan sangat murah alasan investasi siapa tahu masa depan bisa sangat tinggi harganya? 

Tapi dalam agama jual beli yang tidak jelas barangnya termasuk gharar (Gharar adalah proses jual beli yang tidak memilki kepastian sifat, bentuk fisik dan  harga yang jelas. Karena itu, gharar dilarang dalam Islam) atau haram hukumnya.  Tak ada bedanya dengan mata uang kripto atau mata uang digital yang memang tidak ada jaminan aset didalamnya. makanya bisa naik turun tinggi sekali sangat tidak jelas, dan mengandung unsur perjudian, jarang sekali orang sukses dari jual beli kripto. Kalaupun anda mendengar orang kaya sukses dari kripto hanya tipuan atau promosi belaka supaya anda tertarik menggeluti dunia kripto yang sangat marak sekarang ini. 

Sebaiknya anda yang beriman lebih tahu mana yang baik dan buruk tidak usah ikut ikutan bisnis mereka karena metaverse adalah proyek kapitalis untuk menyedot uang para penggunanya. layaknya game anda harus beli vocher ini itu tapi bedanya dalam bentuk tanah, benda-benda dan bangunan digital. Aset anda tidak nyata. Meski anda membelinya dengan uang nyata.

Dampak negatif

Didunia metaverse ini pengguna lebih sering menggunakan alat VR yang sering anda gunakan dalam permainan game VR 3D. Dampaknya tentu tidak baik untuk kesehatan panca indra khususnya mata, mengamati layar hp berhari hari saja sudah bikin mata kabur apalagi teknologi VR secara berlama lama. Yang radiasinya lebih dekat kemata

Dan teknologi lagi lagi membuat fisik manusia malas bergerak, akhirnya sakit jasmani, tak ada dokter digital yang bisa mengobati penyakit jantung stroke anda akibat terlalu bermalas malasan didunia virtual. Anda harus pergi kedokter nyata. Dan tentu biaya tidak sedikit bukan untuk penyakit mata ataupun stroke?

Dampak lainnya adalah dunia palsu ini akan merampas kehidupan nyata anda. semakin lama anda menghabiskan waktu anda disini semakin pendek dan semakin dikorbankan kehidupan anda didunia nyata. Seperti kita ketahui dunia nyata itu lebih penting daripada dunia main main atau virtual tadi. Entah disebut dunia maya, metaverse dll 

Pesan Moral

Ambisi ambisi orang kafir buat merusak dunia makin gencar salah satunya dengan mengajak umat manusia membuat dunia palsu layaknya dajal yang mengajak pengikutnya menuju surga palsu.

Dunia nyata itu lebih indah dan lebih penting, jangan kita korbankan dunia nyata kita kedalam dunia angan angan palsu atau dunia virtual yang tidak jelas, manusia diciptakan dunia bukan untuk main main. Sungguh merugi orang yang menjual dunia nyata nya untuk kebahagiaan palsu didunia maya. Sedikit demi sedikit mentalnya akan menjadi terganggu karena terlalu menggeluti dunia maya tidak jarang berakhir bunuh diri, naudzubillah.

Penulis : M alie marzen
Admin ashabul muslimin



0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentarnya jika ada link mati harap lapor. jazakumullah